Pilihan Atau Memilih!

Mohon kritik dan saran jika tulisan saya salah atau membuat anda tidak nyaman dengan terbitnya tulisan saya

Open Source suatu kata yang membuat jiwa-jiwa muda dan bersemangat tinggi akan terus menggali serta mempelajari setiap jengkal apa yang berkaitan dengan Open Source. Sungguh suatu anugerah bila kita bisa merasakan bagaimana Open Source itu bekerja.

Open Source Untuk Orang-orang Pilihan, karena Open Source bukanlah pemaksaan namun ia hanya sebagai salah satu wujud untuk membebaskan umat manusia (berkaitan dengan perangkat lunak) dari perangkat lunak yang berbayar. Pilihan dalam artian hanya jika kita telah mendapatkan mengerti dan memahaminya maka dengan sendirinya kita akan setia dengan Open Source.

Merefleksi sekilas tentang penulis pertama sekali mengenal linux yang diperkenalkan oleh seorang teman, sekitar akhir tahun 2005 seorang teman memperkenalkan kepada saya beberapa distro linux yang live-cd, namun ini hanya bertahan sekitar 3 bulan dan akhirnya saya pun meninggalkan linux karena pada waktu itu berhubung dengan keterbatasan penulis untuk mempelajari linux. Hingga pada akhir 2010 kemarin penulis benar-benar jatuh dan menelusuri GNU/Linux. Sekedar informasi dilaptop penulis sekarang cuma ada 2 Operting Sytem (OS) Blankon 7 dan Debian 6.0.3.

Tulisan ini hanya sebagai flashback dari apa yang penulis alami yang kemungkinan ada teman-teman yang lain mengalami hal yang sama. Pilihan karena kita yang memilih dan menentukan bukan teman, saudara atau orang lain yang memberi pilihan kepada kita. Pilihan yang membuat kita benar-benar harus memilih dari banyaknya distro GNU/Linux yang ada di dunia. Bagi pemula awalnya mereka akan memilih yang mudah untuk digunakan dan live-cd untuk mencicipi systemnya. Kalo yang udah master / expert tentu mereka akan memilih sesuatu yang banyak tantangan didalamnya karena semakin banyak tantangan maka dengan sendirinya akan banyak juga apa yang dipelajari baik dari try error sampai pada level berkonsultasi dengan pengembangnya sendiri.

Bila kita bisa merasakan indahnya Open Source maka kita juga akan tahu setiap hari pengguna Open Source bertambah dengan kesadaran sendiri. Tugas kita yang sudah lebih dulu mengenal dan menggunakan Open Source untuk memberi dorongan dan penjelasan tentang Open Source bukan memaksakan orang-orang yang belum menggunakan Open Source untuk menggunakan Open Source.

Note : Tulisan ini hanya sebagai refleksi untuk penulis, semoga bisa bermanfaat bagi yang membacanya.

 

Sumber :  http://www.wartafoss.com/baca/pilihan-atau-memilih.html

Regards
DotoVR

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s