Metacity on LXDE Debian Wheezy

Wah mungkin tulisan ini bukanlah hal yang luar biasa, namun tak ada salahnya saya posting sebagai catatan untuk diri sendiri atau untuk orang lain yang belum tau.

Berawal dari Ngopi sama Salah satu penggerak Debian-ID, muncul ide untuk mengoprek DE LXDE, yang sebelumnya Debian di netbook saya sudah saya upgrade ke Debian Wheezy a.k.a Testing. Menurut saya pribadi Debian Wheezy ini sudah lumanyan stabil walaupun tiap hari minimal ada 3 package aplikasi yang minta untuk upgrade, namun masih ada beberapa bug yang masih bermasalah, salah satunya Lxappearance yang belum bisa jalan di Wheezy. Sesuai dengan arahan dari Bang Atoz-Chevara untuk mendowngrade lxappearance-nya ke versi lxappearance 0.4.0.1 maka saya ikutin arahannya untuk mendowngrade package tersebut.
LXDE yang secara default telah dikaitkan dengan OpenBox, secara pribadi saya tidak begitu tertarik dengan openbox yang ada di LXDE. Nah sampai di situ ada keinginan saya untuk mengintegrasikan metacity ke LXDE. oke let’s to try now…!

Install package metacity beserta pendukungnya :

aptitude install metacity murrine-themes gtk2-engines-murrine shiki-colors-metacity-theme

Untuk konfigurasinya install :

aptitude install gconf-editor

Sampai disini metacity sudah siap dijalankan, namun masih ada effect theme openbox. untuk merubahnya sesuai dengan theme yang kita gunakan, disini saya menggunakan theme ZukiBird dan icon Faenza.

Untuk mengganti window_manager dari openbox menjadi metacity, di :

sudo nano /etc/xdg/lxsession/LXDE/desktop.conf

Jalankan Gconf-Editor dari run :

gksu gconf-editor

rubah theme metacitynya sesuai dengan theme yang mau di pake di :

apps -> metacity -> general -> theme

Keluar dai Gconf-Editor dan jalankan metacity, dari terminal atau dari run :

metacity –replace

Ini hanya bersifat sementara, jika direstart kembali seperti semula. Untuk menjalankan metacity saat komputer login :

Tambahkan @metacity –replace di
sudo nano /etc/xdg/lxsession/LXDE/autostart

Restart komputer untuk melihat effectnya.

Penampakan Desktop Saya😀


Semoga Bermanfaat😀

Regard’s
DotoVR

3 thoughts on “Metacity on LXDE Debian Wheezy

  1. Pingback: Metacity en LXDE | Kirbian

Leave a Reply

