Debian With Razor-QT

Mencoba hal baru adalah suatu kesenangan tersendiri bagi penulis.

Rasa penasaran akan DE Razor-QT ini membuat penulis untuk menelusuri dan menginstallnya di debian wheezy dari source code yang penulis download langsung di razor-qt.

Sekila tentang Razor-qt, Razor-qt is an advanced, easy-to-use, and fast desktop environment based on Qt technologies. It has been tailored for users who value simplicity, speed, and an intuitive interface. Unlike most desktop environments, Razor-qt also works fine with weak machines

Desktop yang terbilang baru dan versi saat ini baru mencapai 0.4, simple elegant + ringan ini patut untuk dicoba karena tidak kalah dengan versi-versi desktop yang sudah terkenal lainnya. Satu hal yang muncul disaat mencoba desktop ini, mungkin rasa penasaran dan tanda ? akan menghantui disaat razor-qt telah diinstall. Secara default DE razor-qt hanya akan menyertakan 5 component (panel, desktop, setting center, aplication launcher dan sessions). 

Disini penulis mencoba menambahkan beberapa aplikasi lain berdasarkan dari wikinya razor-qt.  Desktop pendatang baru yang menawan patut di coba.

Kesimpulannya razor-qt sudah lumayan stabil walau ada beberapa permasalahan seperti compiz tidak berjalan dengan baik serta qconnman yang belum mendetect semua hardware wireless.

Penampakan video

Penampakan gambar

Note : jika ada yang ingin mencoba, jangan lupa baca readme or todo di source codenya😀

Thank to Alexander Sokolov & Team Crew Razor-QT

Referensi :
http://razor-qt.org/
https://github.com/Razor-qt/razor-qt/wiki

3 thoughts on “Debian With Razor-QT

  1. razor-qt memang belum (mungkin tidak akan, tapi g tau lagi) mendukung compiz karena desainnya memang untuk portabilitas dan multiplatform. kemungkinan razor-qt akan menggunakan compositor wayland yang akan rilis versi stabil 1.0 dan qt 5 akan rilis dengan dukungan penuh ke wayland. dengan wayland, composite desktop tidak perlu lagi menggunakan library tambahan karena wayland sudah langsung merupakan compositor.

    • yapz, menurut informasi dari developernya compiz berjalan (info : https://github.com/Razor-qt/razor-qt/wiki/Window-Managers ), namun saya belum berhasil menjalankannya mungkin masih dalam tahap pengembangannya dan juga masalah composite desktop (wayland) di razor-qt kemungkinan besar saya lihat akan menggunakan wayland, karena untuk sekarang secara default razor-qt belum menyertakan wm, kita hanya memilih disaat login seperti razor-qt (openbox), razor-qt (metacity).

      Untuk masalah Waylan, apa pendapat mas widya? karena saya belum pernah mencobanya😀

  2. Pingback: Pemaketan Razor-qt | Coretan Peuingat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s